5 Game NFT Gratis di Platform Android

thumbnail

Sering perkembangan zaman, tentunya para developer game juga mencoba untuk menciptakan hal baru demi menarik para konsumennya, yang tak lain adalah para gamer. Tertama pada akhir-akhir ini, dimana telah beredar sistem mata uang terbaru bernama cryptocurrency. Tak lama setelah populernya cryptocurrency, kemudian mengemuka suatu sistem yang biasa disebut sebagai Non-Fungible Token atau biasa disebut NFT. Sistem NFT merupakan sistem untuk membeli suatu hak milik produk digital yang terkumpul dalam suatu blockchain.

Kepopuleran NFT biasanya dimanfaatkan oleh para konten kreator seperti para seniman, musik, film bahkan video game. Saat ini, selain mudah dan banyak peminatnya, para developer game pun berlomba-lomba untuk menyajikan suatu produk unik yang memanfaatkan fitur NFT. Terlebih dengan akses game yang saat ini juga semakin dipermudah hingga para pemain pun hanya perlu menggunakan ponsel/smartphone untuk memainkan gamenya.

Dari sekian banyak game NFT yang beredar, tentunya beberapa diantaranya ada yang unik dan juga menarik. Bahkan tak hanya dari fitur NFT nya saja, gameplaynya pun mampu menyajikan sesuatu yang impresif. Sehingga tak heran apabila saat ini, NFT diminati tak hanya bagi para penikmat crypto, namun juga gamer secara umum. Apabila tertarik mencobanya, berikut 5 rekomendasi game di platform Android yang memiliki fitur NFT dan dapat diunduh secara gratis.

Axie Infinity

Axie Infinity (sumber: axieinfinity.com)

Axie Infinity merupakan salah satu game NFT ternama yang sudah lama populer. Bahkan pemainnya pun juga cukup ramai hingga tak heran apabila komunitasnya pun juga sangat aktif. Game ini memiliki konsep dimana pemain akan memiliki sebuah peliharaan bernama Axie. Nantinya, Axie pemain dapat dipertarungkan melawan Axie pemain lainnya untuk mendapatkan reward.

Selain itu, salah satu fitur utama dari gamenya yakni fitur kostumisasi dan marketplace yang luas. Nantinya, pemain dapat membeli ataupun menjual Axie miliknya di marketplace, yang tentunya juga memiliki harga yang bervariasi. Axie Infinity juga memiliki fitur kostumisasi untuk mendesain model Axie yang nantinya akan meningkatkan nilai jual di marketplace. Selain penampilannya, Axie juga memiliki stats yang apabila semakin kuat maka harganya pun juga akan semakin mahal.

Splinterlands

Splinterlands (sumber: splinterlands.com)

Berbicara mengenai game NFT pastinya tidak akan jauh dari game bergenre Trading Card game atau biasa disingkat TGC. Genre tersebut memang sudah cukup lama populer semenjak tenarnya berbagai game TCG lainnya seperti kartu Pokemon dan Yu-Gi-Oh. Namun, Splinterlands menghadirkan sesuatu yang berbeda. Karena selain bermain dan saling bertukar kartu, game juga menghadirkan fitur NFT untuk sejumlah kartu-kartu yang nantinya dapat diperjualbelikan.

Saat ini, sudah lebih dari 283 kartu yang tersedia di game Splinterlands. Masing-masing kartu juga memiliki kategori dan stats yang unik seperti Fire, Earth, Dragon, Death, Life, Water dan Neutral. Semua stats tersebut nantinya dapat dikombinasikan antar kartu agar performanya semakin kuat. Kombinasi kartu tersebut nantinya dapat diperjualbelikan antar pemain dengan harga yang bervariasi. Semakin kuat dan langka sebuah kartu maka harganya pun juga akan semakin mahal.

The Sandbox

The Sandbox (sumber: Google Play Store)

Para gamer pastinya sudah tak asing lagi dengan game Minecraft. Salah satu game bertemakan sandbox tersebut berhasil meraih kepopulerannya berkat sajian gameplay yang unik dan grafis “kotak-kotak” yang mengesankan. Berkat keberhasilannya, banyak game lain yang mulai mengambil inspirasi dari Minecraft. Salah satunya yaitu game yang bertajuk The Sandbox, sebuah game ala Minecraft dengan fitur NFT.

Dalam game Minecraft sudah diketahui bahwa pemain dapat berkreasi dengan bebas melalui berbagai recources yang tersedia untuk membangun atau membuat sebuah kreasi. Dalam game The Sandbox, hasil kreasi dari pemain nantinya dapat diperjualbelikan melalui NFT. Saat ini, The Sandbox dapat dikatakan salah satu game berfitur NFT terpopuler yang sudah diinvestasi oleh berbagai perusahaan ternama. Salah satunya yaitu Square Enix yang dikenal sebagai developer dari seri Final Fantasy.

Skyweaver

Skyweaver (sumber: skyweaver.net)

Game bergenre TCG sepertinya memang pilihan yang cocok untuk memanfaatkan fitur NFT didalamnya. Kali ini, game berasal dari developer Horizon Blockchain Games yang berjudul Skyweaver. Sama halnya dengan game Splinterlands, nantinya pemain dapat mengumpulkan koleksi kartu yang masing-masing memiliki kemampuan uniknya tersendiri. Kartu tersebut juga dapat dipertarungkan dengan kartu pemain lainnya yang apabila menang akan mendapatkan sebuah reward.

Namun, yang mebedakannya dari game TGC lain Skyweaver ditujukan untuk pemain yang masih awam terhadap fitur NFT dengan harga yang tentunya terjangkau. Saat mulai bermain, pemain nantinya akan diberikan kartu starter secara gratis. Kemudian dapat diupgrade menjadi lebih kuat seiring jalannya permainan. Game juga menyediakan fitur trading untuk saling menukar kartu atau diperjualbelikan melalui fitur NFT. Berbagai kartu yang dijual juga memiliki batasan yang rencananya tidak akan melebihi $20 atau sekitar Rp286 ribu.

Saat ini, game belum sepenuhnya rilis dan hanya bisa dimainkan oleh para pemain yang memiliki akses beta testing. Namun, apabila sudah rilis nanti, game ini tentunya sangat cocok untuk dimainkan oleh para pemula yang ingin menggeluti pasar game berbasis NFT.

League of Kingdoms

League of Kingdoms (sumber: leagueof kingdoms.com)

Gamer mobile pastinya sudah tak asing lagi dengan game Clash of Clans. Game yang sempat viral tersebut memang mendapat kepopulerannya berkat gameplaynya yang menarik serta komunitasnya yang cukup besar. Kali ini, salah satu developer pun mengubah game dengan genre MMO ala Clash of Clans melalui pemanfaatan fitur NFT dengan cara yang cukup unik.

Nantinya, pemain dapat secara bebas membuat sebuah wilayah dengan desain yang dapat dimodifikasi sesuai keinginan. Pemain juga dapat menyerang pemain lainnya untuk saling bersaing menjadi yang terkuat. Selain itu, game memiiki fitur yang cukup inovatif yaitu sistem demokrasi berbasis blockchain, dimana pemain dapat melakukan kampanye untuk menjadi pemimpin. Pemimpin akan dipilih melalui voting dimana pemain terkuat akan mendapatkan token terbanyak.

Pemain juga dapat memperjualbelikan desain wilayanyah dengan NFT. Dimana apabila penampilan semakin unik dan stats nya yang semakin tinggi maka harganya pun juga akan semakin meningkat. Terdapat juga berbagai macam skin menarik yang dapat dibeli melalui marketplace untuk lebih meningkatkan kualitas wilayah serta nilai jualnya.

Itulah beberapa game yang memiliki Android gratis yan memiliki fitur NFT. Fitur tersebut saat ini memang masih baru meraih kepopulerannya jadi mungkin masih banyak orang yang awam terhadap sistemnya. Namun, hadirnya game-game tersebut dapat dijadikan media pembelajaran yang menarik untuk lebih memahami sistem NFT, terlebih juga pemain dapat sekaligus memperoleh profit atau keuntungan.

Exit mobile version