Game Pembelajaran untuk Anak di Gadget

PBS Kids Video

Semua orang pasti merasakan kemajuan teknologi yang semakin pesat termasuk perubahan metode belajar si kecil. Salah satunya yaitu hadirnya beberapa game pembelajaran yang bisa para ibu manfaatkan untuk anak. Memang, kelembagaan pendidikan seperti sekolah masih ada, namun untuk mendukung belajar anak baik dalam bidang akademis ataupun non akademis.

Sumber belajar yang saat ini paling banyak digunakan adalah gadget dan internet. Terlebih dengan munculnya berbagai game edukasi membuat si kecil semakin mudah belajar. Namun, sebagai orang tua Anda harus tetap memantau anak Anda ketika bermain game edukasi. Karena akan selalu ada dampat positif dan negatif yang ditimbulkan.

Game pembelajaran untuk anak

Game pembelajaran dapat Anda gunakan sebagai hiburan yang berbasis pengajaran untuk si kecil. Bagi para ibu yang menggunakan smarthphone android, beberapa game berikut perlu Anda coba sebagai media belajar menyenangkan untuk si kecil.

1. Cram.com – Flashcard

Cram.com – Flashcard. (Android Authority)

Flashcard merupakan kartu yang biasanya berisi informasi terkait ilustrasi, gambar, ataupun kata-kata. Tentunya game ini menjadi media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak, remaja, bahkan dewasa.

Menggunakan flashcard dapat membuat Anda lebih mudah dalam mempelajari sesuatu. Aplikasi ini dapat Anda download di gadget sehingga dapat membuat belajar anak semakin menyenangkan. Dalam game ini terdapat lebih dari 75 flashcard yang dapat digunakan untuk berhitung, mengenal huruf, belajar bahasa asing, mengingat, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Yang lebih menguntungkan lagi adalah, game edukasi ini dapat Anda mainkan dalam keadaan offline. Selain itu cara bermainnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu memperlihatkan kepada si kecil kartu-kartu yang ada di flashcard untuk ditebak.

Meski bisa di download gratis, namun kartu yang digunakan hanya bisa 100 saja. Anda akan diminta untuk akses aplikasi premium apabila menginginkan kartu yang dapat diakses lebih banyak.

2. Seri DragonBox

Seri DragonBox. (APK Pure)

Seri DragonBox merupakan salah satu game pembelajaran yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu si kecil belajar matematika dasar. Tersedia dalam 5 seri aplikasi pembelajaran. Dengan tampilan warna serta karakter yang warna warni tentu akan memberikan kesan menyenangkan bagi anak.

Satu yang disayangkan dari game ini adalah Anda perlu membayar Rp.60.000 hingga Rp.100.000 untuk bisa mengakses game ini. Akan tetapi apabila dibandingkan dengan manfaatnya, tentu sangat sebanding dengan performa dari game ini. Karena dalam belajar matematika melalui game ini begitu interaktif dan menyenangkan bagi si kecil.

3. Kids Games Free – Education

Kids Games Free – Education . (Coursef.com)

Kids Games Free – Education ini sangat cocok untuk anak usia 2 hingga 4 tahun. Game yang dapat diunduh gratis ini memberikan 10 jenis permainan pembelajaran. Seperti belajar warna dan angka, belajar notasi piano, serta melatih ingatan dalam mencocokkan gambar.

4. The Endless Kids Games

The Endless Kids Games. (Originator Wiki – Fandom)

The Endless Kids Games merupakan game menyuguhkan berbagai permainan untuk anak-anak yang memberikan beberapa pilihan permainan seperti Endless Numbers, Endless Alphabet, Endless Wordplay, dan Endless Reader.

Karena diperuntukan untuk anak-anak tentu game pembelajaran ini begitu mudah untuk dimainkan. Game ini juga bagus untuk membantu anak Anda belajar membaca, bermain kata, mengenal huruf dan angka dengan lebih mudah.

5. PBS Kids Video

PBS Kids Video. (WMHT.Com)

PBS Kids Video menjadi salah satu game yang memberikan permainan yang berbasis pembelajaran melalui video. Video yang disajikan dalam aplikasi ini sangat menyenangkan karena konten yang disajikan memang ramah anak. Dengan berbagai tontonan video kartun lucu, tanpa disadari si kecil telah mempelajari berbagai macam ilmu.

Dengan dilengkapi educational goal tracker, game ini bisa dimanfaatkan oleh para orang tua dalam memantau perkembangan belajar anak sesuai target yang diinginkan.

Dari beberapa rekomendasi game pembelajaran untuk mendukung belajar anak selama di rumah, sebagai orang tua Anda harus bijak memberikan waktu kepada si kecil sehingga tidak menimbulkan kecanduan.

Dampak positif dan negatif game pembelajaran

Meskipun diklaim sebagai game pembelajaran, tetap saja yang namanya game pasti akan menimbulkan dampak. Mulai dari yang postif hingga dampak negatif. Dampak positif dan negatif dari game pembelajaran yaitu:

Dampak positif

1. Melatih otak dan mental

Ketika Anak bermain game atau aplikasi pembelajaran, tentu akan sangat membutuhkan keterampilan serta kemampuan berpikir abstrak. Beberapa keterampilan yang akan didaptkan anak seperti memperkuat memori dan konsentrasi, melatih logika, serta melatih koordinasi tangan dan mata, kemampuan spasial, serta koordinasi motorik halus.

2. Mengenalkan teknologi

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin bertambah usia anak maka ketertarikan anak dengan teknologi juga akan semakin meningkat. Dengan bermain video pembelajaran melalui gadget juga menjadi salah satu cara orang tua untuk mengenakan teknologi kepada anak. Dengan catatan orang tua senantiasa mendampingi anak ketika memainkannya.

3. Media belajar yang tidak membosankan

Saat ini memang sudah banyak bermunculan game edukasi yang diperuntukkan untuk anak sesuai dengan tingkatan pendidikan dan usia. Dengan hadirnya game pembelajaran tentu akan membuat anak menjadi lebih mudah memahami pelajaran yang ditampilkan dalam bentuk video yang interaktif.

4. Mengasah kreativitas anak

Kreativitas anak akan terbentuk ketika bermain game pembelajaran. Hal ini dikarenakan otak anak akan terangsang untuk berpikir dengan tepat. Selain itu game pembelajaran juga akan membuat anak mencari jawaban dari setiap pertanyaan yang ada.

5. Memberikan pengetahuan baru

Pengetahuan yang didapatkan anak ketika bermain game pembelajaran tentu akan bertambah. Karena si kecil akan lebih mudah memahami perhitungan, mengenal angka, serta benda-benda luar angkasa dan sejarah dunia yang ada di dalam game pembelajaran.

Dampak negatif

Selain dampak positif yang akan anak Anda dapatkan, meski namanya game pembelajaran tetap saja akan menimbulkan dampak negatif. Terlebih apabila Anda tidak mengontrol anak Anda dalam bermain. Beberapa dampak negatif yang mungkin akan muncul adalah:

1. Menarik diri dari kehidupan sosial

Anak yang kecanduan game, meskipun itu adalah game edukasi untuk anak, anak akan cenderung menghabiskan waktu berjam-jam untuk memainkannya. Tentunya hal ini akan memberikan dampak negatif pada kehidupan sosial anak kelak. Karena anak akan lebih memilih berinteraksi secara digital dibandingkan dengan dunia nyata.

2. Gangguan kesehatan

Bermain game terlalu sering sekalian untuk pembelajaran, bukan tidak mugkin akan menimbulkan berbagai penyakit karena anak akan malas untuk bergerak. Pasalnya ketika bermain game tentu hanya mata dan tangan saja yang fokus. Bahkan dapat berpengatuh buruk pada pada penglihatan karena paparan cahaya biru dari layar ponsel.

Demikian beberapa game pembelajaran yang direkomendasikan untuk anak Anda yang bisa menambah ilmu baru melalui video game yang menyenangkan. Meski demikian, mengingat adanya dampak negatif yang ditimbulkan Anda harus bijak memberikan waktu kepada anak untuk bermain. Merujuk dari the American Academy of Pediatrics menganjurkan supaya anak dalam menggunakan alat elektronik dalam sehari tidak lebih dari dua jam.

Exit mobile version